Sebuah gol dari Leighton Baines memberikan keunggulan tipis bagi Everton pada laga kualifikasi Europa League babak ketiga antara Everton menghadapi MFK Ruzomberok. Laga ini juga ditandainya dengan kembalinya si anak hilang Wayne Rooney. Pertandingan sepertinya berjalan membosankan hingga memasuki akhir babak pertama sampai akhirnya tendangan keras Leighton Baines mampu menghasilkan gol setelah sempat memantul di bagian dalam mistar gawang. Everton akan kembali bberhadapan dengan Ruzomberok pada tengah pekan nanti.

Kemenangan atas MFK Ruzomberok Buka Langkah Everton di Europa League
Kemenangan atas MFK Ruzomberok Buka Langkah Everton di Europa League

Everton sebenarnya bermain cukup menekan dengan penguasaan bola yang begitu dominan. Meksipun demikian, kiper Maarten Stekelenburg sempat membuat penyelamatan penting ketika dirinya menahan sundulan dari Jan Maslo hingga menyentuh tiang gawang.

Pertandingan ini juga menjadi ajang debut bagi sejumlah pemain rekrutan baru Everton seperti Cuco Martina, Michael Keane, Davy Klaassen, dan Sandro Ramirez. Sayangnya, semua pemain tersebut sepertinya masih harus tampil lebih baik lagi demi memenuhi ekspektasi para suporter. Jika tidak, Everton bisa saja mengulangi kembali riwayat tim Inggris yang selalu gagal lolos dari babak ketiga kualifikasi Europa League selama dua tahun terakhir.

Para suporter tentunya ingin menyaksikan pemain yang dulu sempat dibesarkan oleh Everton Wayne Rooney. Pemain yang satu ini masih terlihat canggung ketika ditempatkan sebagai striker tunggal di lini depan. Untungnya, Rooney terlihat lebih cair ketika dirinya ditempatkan berada di belakang striker.

Belakangan ini Rooney memang lebih banyak menghabiskan musim dengan ditempatkan di posisi lebih ke tengah. Sayangnya, sentuhan dan ketajaman Rooney yang diharapkan oleh Ronald Koeman masih belum terlihat pada pertandingan tadi malam.

Rooney sebenarnya sempat memiliki peluang yang begitu bagus ketika awal babak pertama. Sayang ia tidak bisa melakukan sentuhan yang bagus sehingga tendangan terlalu lemah. Ia juga sempat memberikan peluang emas melalui kombinasi bersama Davy Klaassen di babak kedua. Ronald Koeman sepertinya harus mencari posisi yang tepat untuk Rooney demi permainan Everton yang lebih baik.

“Ini adalah sesuatu yang sudah Saya nantikan selama beberapa minggu terakhir,” ujar Rooney. “Jelas senang sekali berada di Goodison mengenakan seragam biru, ini merupakan perasaan yang hebat.”

“Tapi ini adalah pertandingan penting bagi kami jadi Saya harus mengesampingkan emosi dulu. Saya sudah menyelesaikan itu sekarang dan bisa bergerak untuk lebih terfokus pada sepakbola.”

bca
SENIN - JUMAT

21.00 - 00.00 WIB
22.00 - 23.00 WIB

SABTU - MINGGU

00.00 - 06.00 WIB

mandiri
SENIN - MINGGU

23.00 - 04.00 WIB

bni
SENIN - MINGGU

ONLINE 24 JAM

bri
SENIN - MINGGU

22.45 - 06.00 WIB